Kesehatan – Perawat Lansia Perlu Mengenal Gejala Stroke

Sebagai perawat lansia yang baik hendaknya mengetahui tentang kesehatan lansia, termasuk mengenal gejala stroke dan pecegahannya. Bagaimanapun juga gejala stroke merupakan penyakit yang rentan menyerang seseorang yang sudah lanjut usia.

Mengenal Gejala Stroke

Apakah Gejala Stroke itu?

 

Pada dasarnya gejala stroke ada 2 jenis, yaitu:

▶Stroke Iskemik

85% penderita stroke adalah disebabkan oleh stroke iskemik, yang mana terjadi pembekuan darah atau endapan lemak pada pembuluh darah diotak, atau bekuan darah/sampah lainnya yang biasa didalam hati menyapu melalui aliran darah dan tinggal dipembuluh otak yang sempit.

▶Stroke Hemoragik

Stroke Hemoragik terjadi apabila pembuluh darah diotak mengalami kebocoran atau pecah. Biasanya disebabkan oleh tekanan darah tinggi (Hipertensi), overtreatmen dengan antikoagulan dan titik-titik dalam dinding pembuluh darah.

 

Untuk Perawat Lansia

Kenali tanda-tanda Peringatan Gejala Stroke

 

  • Mati rasa atau kebas yang mendadak dimuka, lengan atau kaki, terutama satu bagian / sisi saja dari badan
  • Mendadak sering merasa bingung, susah bicara dan susah mengerti sesuatu
  • Mendadak ada gangguan penglihatan pada satu mata atau bahkan keduanya
  • Mendadak pusing berat tanpa diketahui penyebabnya

Hal-hal diatas terjadi selama beberapa menit saja, sehingga terkadang tidak terlalu diperdulikan. Sebaiknya jika sudah merasakan adanya tanda-tanda dari stroke ringan, segeralah diperiksakan ke dokter atau dibawa ke Rumah Sakit supaya dapat melakukan CT Scan dan segera mendapatnkan penanganan.

Obat-obatan dan terapi fisik dapat bermanfaat untuk meningkatkan perimbangan, koordinasi dan kelaianan lain seperti masalah bicara dan lain-lain.

Pemulihannya tergantung kepada parah atau tidaknya stroke yang diderita. Ada yang dapat langsung pulih , ada yang berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Yang kerusakannya sangat serius kadang pengobatan pun sama sekali tidak membantu.

 

Cara Mengurangi Resiko Gejala Stroke

 

Sebagai perawat lansia yang menjaga kesehatan lansia hendaknya perhatikan hal-hal berikut untuk mengurangi resiko gejala stroke:

  • Perhatikan tekanan darah lansia secara teratur dan sering diperiksa. Bila tekanan darahnya tinggi , ikuti nasihat dokter. Mengobati darah tinggi (hipertensi) dapat menurunkn resiko stroke dan penyakit jantung.
  • Jika lansia merokok, segera hentikanlah kebiasaan tersebut untuk mengurangi resiko stroke dan penyakit lain.
  • Untuk lansia yang masih sehat, perawat lansia hendaknya mendampingi lansia berolahraga secara teratur seperti berjalan-jalan atau olahraga ringan lainnya. Olahraga dapat menguatkan jantung dan memperbaiki aliran darah.
  • Perawat lansia hendaknya mengatur menu harian lansia, berikanlah makan makanan sehat yang kadar lemaknya rendah, rendah kolesterol, rendah asam lemak jenuh. Tambahkan pula sayur dan buah-buahan pada menu harian.
  • Kendalikan kadar gulanya

 

 

 

 

 

No Comments Yet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.